Membiasakan Anak Remaja Agar Suka Membaca


Kita mungkin akan dengan mudah menemukan artikel mengenai tips bagaimana meningkatkan minat baca bagi anak balita hingga usia sekolah, namun sangat jarang kita menemukan tips mengenai cara meningkatkan minat baca bagi anak remaja, padahal situasinya ada cukup banyak anak remaja yang kurang suka membaca.

Beberapa tips di bawah ini mudah-mudahan bisa membantu, ya..

BUKU DARI FILM
Sebagai permulaan, jika anak remaja kita suka nonton film, kita bisa memberikannya buku yang berdasarkan film yang dia suka. Jika ia pernah menonton film Harry Potter, kita bisa memberikannya buku-buku Harry Potter baik yang berbahasa Indonesia mau pun bahasa Inggris.
Atau ada beberapa film Indonesia juga yang diadaptasi dari buku yang bisa menjadi pilihan.

BUKU BERGAMBAR
Hey, meski dia bukan anak kecil lagi, tapi gambar dan grafis itu selalu menarik untuk segala usia. Berikan anak remaja Anda buku bacaan yang memiliki gambar atau grafis, bisa novel atau komik sekalian, tidak masalah yang penting ia mau mulai membaca lagi. Berikutnya, pelan-pelan kita bisa memberikannya buku-buku yang minim gambar.

BERI CONTOH
Sudah bisa dipastikan, anak-anak yang orangtuanya tidak suka membaca juga akan kurang suka membaca. Lalu apa salahnya jika Anda juga mulai 'memaksakan' diri untuk membaca?, selain Anda mendapat ilmu dan kesenangan baru, anak remaja Anda pun akan berkaca pada Anda dan mulai ikut membaca.

BICARA DARI HATI KE HATI
Bicara dari hati ke hati dengan anak remaja Anda, mengenai apa cita-citanya kelak dan jelaskan padanya betapa kebiasaan membaca akan menjadi salah satu kunci keberhasilannya dalam mencapai cita-cita tersebut.

MINTA IA MEMILIH BUKUNYA SENDIRI
Buku-buku yang Anda berikan masih teronggok belum terbaca?. Minta ia memilih bukunya sendiri, apa pun buku yang ia pilih, hargai, dan kembali ajak dia untuk berkomitmen dalam membacanya.

DISKUSIKAN BUKU YANG IA BACA
Setelah ia menyelesaikan bukunya, ajak ia berdiskusi. Minta ia menceritakan apa yang ia tangkap dari buku tersebut. Mendapat teman diskusi yang mau mendengarkan pasti akan membuat anak remaja kita menjadi lebih menyukai kegiatan membaca ini.


*****

0 komentar

Oldies But Goodies