7 Manfaat Yoga Dalam Kehidupan Sehari-hari


Hola Lolas, kali ini Lolamagz akan berbagi informasi mengenai 10 manfaat yoga dalam kehidupan sehari-hari kita. Manfaat yoga di bawah ini mungkin sudah kita ketahui, tapi tidak ada salahnya kalau kita refresh yaa  :)

1. MEREDAKAN STRESS
Namanya juga manusia, stress pasti sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan dan hampir tak terhindarkan. 

Setiap hari mungkin ada saja hal-hal kecil yang menumpuk dan membuat kita stress, jika tidak ditangani dengan baik hal tersebut akan menumpuk dan membuat masalah yang lebih serius seperti sulit tidur, masalah pencernaan, bahkan bagi yang sudah berkeluarga stress bisa mempengaruhi urusan ranjang, lho..

Namun ada banyak cara untuk meredakan stress, salah satunya lewat yoga. Dengan melakukan yoga beberapa menit sehari, bisa mengurangi stress yang menumpuk di satu hari sehingga memperkecil kemungkinan stress tersebut menjadi masalah yang lebih besar.

Gerakan-gerakan atau asana, pranayama atau pernafasan, serta meditasi dalam yoga adalah tehnik yang efektif untuk meredakan stress.

2. MENAMBAH ENERGI
Berdasarkan pengalaman saya pribadi, berlatih yoga justru malah menambah energi. Meski tubuh sedikit lelah dan berkeringat setelah kurang lebih satu jam melakukan yoga, saya malah merasa lebih berenergi dan bersemangat. Justru saat kurang gerak, kurang olahraga dan tidak beryoga dalam jangka waktu yang relatif lama, tubuh saya seringkali terasa lemas dan membuat saya malas beraktivitas.

3. MEMPERBAIKI POSTUR TUBUH
Sejak kecil saya punya masalah dengan postur yaitu bongkok. Entah sudah berapa ratus kali papa dan mama mengingatkan saya untuk lebih tegap jika sedang berdiri, duduk, dan berjalan. Dengan berjalannya waktu saya memang berusaha keras memperbaiki postur agar tidak bongkok, namun yang paling terasa berpengaruh adalah setelah teratur ikut yoga, saya merasa postur saya semakin baik dan tidak (terlalu) bongkok lagi.

4. LEBIH WASPADA
Lebih konsentrasi dan lebih waspada adalah salah satu manfaat yoga yang bisa langsung kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin ini ada kaitannya dengan bertambahnya energi serta menurunnya tingkat stress karena berlatih yoga.

Berlatih yoga secara teratur dapat membuat tubuh kita lebih fleksibel, lentur, dan makin kuat. Tentu saja hal ini berpengaruh pada postur kita saat duduk, berdiri, dan berjalan.

5. MENURUNKAN BERAT BADAN
Nah, ini penting nih, fakta bahwa yoga juga dapat menurunkan berat badan bikin saya tambah semangat berlatih yoga. Tidak terlalu sering, sih, hanya 1-2x per minggu namun teratur dan saya langsung merasakan efeknya. Berat badan turun pelan-pelan.

Surya Namaskara dan nafas kapalbathi jika dilakukan dengan benar dan teratur juga bisa membantu kita menurunkan berat badan, lho.

6. MEMPERBAIKI HUBUNGAN
Dengan badan yang lebih fit, pikiran yang lebih positif, tentu saja akan mempengaruhi hubungan kita dengan pasangan. Kita akan lebih bahagia, ceria, dan rileks sehingga bisa lebih memperhatikan pasangan dan jika ada konflik kita bisa bersikap lebih tenang.

7. MENAMBAH KEKEBALAN TUBUH
Tubuh dan pikiran kita adalah suatu hal yang terhubung dan tak terpisahkan, sehingga saat tubuh sehat, pikiran positif dan percaya diri meningkat, tubuh pun bereaksi positif.

Gerakan-gerakan yoga memijat organ dalam tubuh dan menguatkan otot kita, sementara pranayama dan meditasi nambah imunitas tubuh kita.

Nah, semoga sehabis membaca artikel ini kita semua makin rajin berolahraga, ya, terutama yoga :)

*****

0 komentar

Oldies But Goodies