Kiat Rumah Rapi dan Nyaman Setelah Lebaran


Lebaran sudah usai dan mungkin asisten rumah tangga sudah kembali bekerja. Rasanya menyenangkan juga kalau bisa meluangkan waktu untuk beberes rumah setelah lama libur dan tanpa ART, ya kan?.

Suasana rumah yang lebih rapi dan bersih dengan dekorasi yang lebih segar serta furnitur yang tepat guna, pasti akan membuat seisi keluarga makin nyaman dan betah di rumah. Lalu bagaimana caranya agar rumah tetap terjaga kerapihannya sepanjang tahun?. Yuk simak beberapa tips dari Lolamagz berikut ini ...

RAPIKAN SELURUH RUMAH SEKALIGUS
Mumpung baru usai Lebaran dan masih dalam suasana liburan, alangkah baiknya jika kita meluangkan waktu untuk merapikan seluruh isi rumah.

Jadwalkan satu atau dua hari khusus untuk merapikan seluruh isi rumah sebelum semua anggota keluarga kembali beraktifitas normal. Kerahkan keluarga dan asisten rumah tangga untuk melakukan hal ini bersama-sama. Karena saat seluruh rumah sudah rapi dan nyaman, selain mood sekeluarga menjadi jauh lebih baik, pekerjaaan merapikan dan merawat rumah sehari-hari pun akan jauh lebih mudah.

Berikut ini beberapa tahan merapikan seluruh isi rumah yang perlu kita lakukan:
  • Tentukan jadwal, misalnya hari Sabtu dan Minggu. Atau bisa juga hari biasa jika anak-anak dan kita masih libur.
  • Ingatkan seluruh keluarga dan asisten rumah tangga tentang proyek membersihkan rumah 'besar-besaran' ini agar mereka khusus meluangkan waktu untuk hal ini.
  • Bagi tugas. Misalnya anak paling besar fokus membersihkan dan merapikan ruang tamu, anak -anak yang lebih kecil membersihkan kamarnya masing-masing. ART merapikan halaman dan ruang seterika, Anda merapikan dapur, dst. Brief mereka dulu tentang apa saja yang harus dilakukan.
  • Mulai dari barang-barang yang besar lalu ke yang kecil.
  • Sisihkan barang-barang yang kurang terpakai, sudah kurang disukai, namun masih layak, taruh di dus besar. Barang-barang tersebut bisa untuk dijual lagi atau disumbangkan.
  • Singkirkan barang-barang yang sudah rusak dan tidak berniat Anda perbaiki. Buang atau berikan pada tukang rongsokan yang biasa lewat depan rumah Anda.

Lakukan proyek membersihkan dan merapikan seluruh rumah ini setiap beberapa bulan. Pilih waktu di mana semua anggota keluarga bisa terlibat secara bersamaan, misalnya akhir minggu, atau saat liburan menjelang hari raya.

SIAPKAN TEMPAT PENYIMPANAN
Siapkan storage atau tempat khusus untuk menyimpan barang. Bisa kotak plastik, kardus, atau bahkan lemari. Selain agar terlihat rapi, storage juga akan membuat rumah kita terasa lebih luas.

Tips penyimpanan barang:
  • Pisahkan penyimpanan sesuai ukuran. Sesuaikan tempat penyimpanan dengan barang yang akan disimpan, untuk barang-barang kecil yang sulit dicarai, bisa menggunakan kotak kecil bening, untuk barang-barang yang lebih besar bisa menggunakan kotak plastik yang besar, dus besar, atau pun lemari.
  • Beri label jika ada banyak kotak tertutup agar memudahkan saat kita ingin mencari barang.
  • Tata tempat penyimpanan agar mudah dijangkau, mudah diambil isinya, dan tentu saja agar tetap enak dilihat.

Side table dari fabelio ini sangat cocok untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kunci, remote, dll.

DEKORASI ULANG
Setelah rumah rapi, semua barang disimpan pada tempatnya, sekarang tinggal memikirkan dekorasi yang lebih segar buat rumah Anda. Tidak perlu sampai memanggil tukang atau membeli banyak barang baru. Manfaatkan saja yang sudah ada, baru tambahkan beberapa furnitur dan dekorasi yang benar-benar diperlukan.

Beberapa tips untuk memperindah rumah Anda:
  • Manfaatkan furnitur lama, misalnya lemari tua yang catnya sudah luntur, bisa difurnish ulang dan dibuat ala-ala shabby chic.
  • Beli furnitur baru yang tepat guna, misalnya lemari kecil untuk penyimpanan barang di ruang tamu yang sekaligus bisa menjadi pemanis ruang.
  • Pajang foto-foto favorit di dinding ruangan di rumah Anda. Beli pigura baru, atau cat kembali pigura lama yang masih bagus.
  • Taruh tanaman di dalam ruangan. Sederhana namun efeknya sangat terasa.
  • Taruh kain atau selimut berwarna cantik untuk hiasan di kursi atau sofa di ruang tamu Anda.

Taruh tanaman di pojok ruangan serta tambahkan aksen kain di kursi Anda membuat ruangan makin nyaman dan berwarna.

RAPIKAN RUMAH SECARA BERKALA
Nah, sekarang kita dan keluarga bisa lebih santai. Rumah sudah rapi, teratur, dan lebih indah, tinggal bagaimana cara mempertahankannya agar selalu tampak seperti itu.

Untuk menjaganya, ada beberapa hal yang harus dilakukan secara berkala, antara lain:
  • Selalu kembalikan barang-barang pada tempatnya. Tidak perlu menunggu ART yang merapikan, namun setiap kali Anda atau anak-anak memakai suatu barang, biasakan untuk menaruhnya kembali ke tempat semula.
  • Luangkan waktu secara berkala untuk merapikan rumah. Seperti mengepel, menyapu, mengelap furnitur, dll. Jika kita punya ART pasti akan lebih mudah, namun jika tidak, bagi saja tugas dengan keluarga lain. Lakukan beberapa hari sekali saja, tidak perlu setiap hari, yang penting teratur dan konsisten.
  • Selalu ingat untuk menyisihkan barang-barang yang sudah usang, tiak terpakai atau bahkan rusak, agar tidak memenuhi ruangan.

 Nah, sudah siap untuk menghabiskan liburan yang tersisa dengan beberes rumah? :)

*****

0 komentar

Oldies But Goodies