Bincang Wirausaha bersama Fanny dari Mamapao



Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah pilihan. Memilih untuk berbisnis dari rumah sambil tetap mengurus sendiri anak-anak dan suami juga menjadi pilihan Fanny Chandra, pemilik Mamapao Homemade.

Usaha bakpao serta somay yang dirintisnya sejak tahun 2006 ini sudah memiliki banyak pelanggan. Awalnya Mamapao memiliki banyak cabang di Jakarta dan sekitarnya, namun saat ini Fanny berkonsentrasi pada dua tempat, yaitu di rumahnya dan di BSD City dan di salah satu mall terkemuka di Jakarta.

Awal membuka usaha ini sebenarnya karena kebetulan ia memiliki ruko yang tidak terpakai, akhirnya ide kreatifnya muncul dan memutuskan untuk melanjutkan usaha keluarga di Makassar dulu menjadi di Jakarta juga, tepatnya di BSD City.

Fanny bercerita tentang suka dukanya menjalani usaha, seperti kurangnya modal, karyawan yang kurang bisa diandalkan, dan lain sebagainya. Namun ketekunan serta kesabarannya membuat usahanya tetap berjalan sampai saat ini.

Saat Lolamagz menyambangi rumahnya, Fanny mengajak kami untuk berkeliling dan melihat sendiri pembuatan bakpaonya yang masih sangat tradisional ini. Semua bahannya segar. Tak hanya itu, Fanny turun tangan langsung dalam membuat bakpao dibantu oleh beberapa orang karyawannya, sehingga kebersihan serta kualitas semua bakpao dan somay bisa dijamin olehnya.

Lalu bagaimana cara Fanny membagi waktu antara usaha dan keluarga?. Pagi hari, Fanny konsentrasi menyiapkan anak-anaknya yang akan pergi ke sekolah. Selepas itu ia mulai beraktifitas di dapur dengan membuat adonan bakpao setiap hari. Siang, saat pekerjaan produksi bakpao selesai dan anak-anak telah kembali dari sekolah, Fanny meluangkan waktunya sampai malam bersama mereka. 

Fanny yang kedepannya berencana untuk membuka lebih banyak cabang Mamapao lagi, memberi tips untuk para wanita yang ingin membuka bisnis terutama bisnis makanan. Ia berpesan bahwa sebagai wanita wirausaha kita harus kreatif dan terus menjaga kualitas agar makanan yang kita jual betul-betul fresh dan enak rasanya.

Bagaimana Lolas? Semoga terinspirasi, ya....


0 komentar

Oldies But Goodies