7 Ide Mendapatkan Modal Usaha


Saat keinginan dan tekad kita sudah bulat untuk menjadi seorang mamapreneur, pasti sudah banyak yang kita lakukan seperti yang terulis di artikel ini.

Nah, setelah semua langkah tersebut kita jalani, lalu bagaimana dengan modalnya jika ternyata setelah dihitung-hitung keadaan keuangan kita tidak mencukupi?

Nah, menurut Futri Zulya, CEO PT BMI, ada beberapa ide sumber dana dan modal usaha yang bisa kita dapatkan.

Pertama, dari tabungan. Ya, jika baru memulai usaha, sebisa mungkin gunakan uang sendiri. Jika uang tabungan tidak cukup, kita bisa menjual aset dan barang berharga kita.

Enggan menjual barang berharga kita? Gadaikan saja. Atau bisa juga meminjam kepada keluarga dekat. Namun, meski meminjam pada keluarga, sebaiknya buat surat perjanjian agar aman, baik bagi pemberi pinjaman juga bagi kita sebagai peminjamnya.

Networking menjadi pilihan juga dalam mencari modal usaha. Futri mencontohkan bahwa pertemuan-pertemuan seperti acara womantalk adalah salah satu bentuk berjejaring yang bagus. Kita bisa mendapat banyak teman yang memiliki passion yang sama bahkan mungkin bisa menemukan investor yang tertarik dengan ide usaha kita.

Ia mengingatkan agar kita selalu membawa kartu nama dan proposal bisnis saat berjejaring untuk memudahkan kita menawarkan ide usaha kita pada calon investor.

Bekerjasama misalnya dengan teman atau pun orang lain juga menjadi pilihan. Nanti pembagian untung dan seterusnya dibicarakan secara rinci agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Salah satu cara mendapatkan modal usaha yang banyak ditempuh adalah meminta pinjaman dari bank. Sama halnya dengan pinjaman-pinjaman lainnya, tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi saat meminjam uang ke bank. Kita bisa mendatangi bank yang kita inginkan dan menanyakan rinciannya di sana.

Nah, sudah siap kan untuk memulai usaha?



*****

0 komentar

Oldies But Goodies