Persahabatan, Bikin Kita Menua dengan Sehat dan Cantik ...


"To age well, we need friends" itulah yang lolamagz percayai. Terbukti, penelitian pun berpendapat sama. Salah satu bukti bahwa persahabatan sangat penting di saat kita makin berumur adalah hasil penelitian dari profesor psikologi universitas Michigan, William Chopik (2017). Studi tersebut meneliti hubungan antara ‘close relationships’ dengan kesehatan,  kebahagiaan serta jangka hidup seseorang.

William menemukan bahwa hubungan keluarga serta pertemanan yang dekat sangat berpengaruh terhadap kesehatan yang lebih maksimal serta tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Menariknya, dari hasil penelitian William, saat kita makin menua, persahabatan justru lebih penting dan turut mempengaruhi kesehatan kita.

Jadi menurutnya, dukungan keluarga sangat penting, namun persahabatan tidak boleh dianggap enteng ! So, tunggu apa lagi, segera luangkan waktu untuk menemui sahabat, sekedar ngopi bareng, nonton bareng, atau bahkan bikin reuni sekalian, pasti seru ya..

Nah, selain persahabatan, resep cantik dan awet muda beberapa kenalan lolamagz ternyata adalah empat hal berikut ini ...

Skincare yang tepat
Yup, waktu menunjukan segalanya. Saat usia mulai masuki usia cantik, ada bagian-bagian tertentu di tubuh kita yang memerlukan perawatan ekstra. Pilih skincare yang tepat agar kulit bisa lebih lembut dan lebih kenyal.

Tidur cukup
Semua usia memerlukan tidur yang cukup namun seiring bertambahnya usia, kurang tidur sangat terlihat jelas efeknya bagi kita. Entah mata yang begitu mudah sembab dan cekung, atau kulit yang kelihatan lebih kering dari biasanya, dst.

Pasang alarm jam tidur jika memang kesulitan menentukan waktu tidur. Saat alarm berbunyi, pastikan kita sudah dalam kondisi yang sangat nyaman, dengan baju tidur, sudah memakai pelembab tubuh dan wajah, minum air putih, lalu rebahkan saja tubuh di tempat tidur. Rasa nyaman akan membuat kita lebih mudah terlelap meski belum terlalu mengantuk.

Punya hobi
Selain punya sahabat, punya hobi adalah salah satu kiat awet muda, lho. Suka merajut, kenapa tidak ikut komunitas merajut atau kelas merajut saja? Dapat teman baru, hobi berjalan, waktu luang pun bermanfaat.

Olahraga teratur
Hal ini sepertinya tak bisa ditawar lagi. Berolahraga seminggu dua kali sudah cukup, yang penting konsisten. Bisa jalan kaki, berenang, ikut kelas BL atau yoga, atau sekedar mengikuti gerakan senam lewat youtube.

*****

0 komentar

Oldies But Goodies